04 Mei, 2009

Billiard..

Mungkin kita berpikir bahwa billiar adalah suatu permainan eksklusif yang bisa untuk gaya-gayaan atau suatu life style yang mentereng. Sah-sah saja kalau kita beranggapan seperti itu. Namun, kalau ingin menguasai permainan billiar, buang jauh-jauh anggapan seperti itu.

Kalau kita perhatikan master billiard bermain, teman-teman akan paham dengan maksud saya. Perhatikan saja cara mereka bermain. Mereka bermain billiar seolah-olah jalannya bola diatas meja adalah sesuatu yang alami. Jarang sekali ada yang benar-benar istimewa dan menghibur untuk ditonton. Namun justru itulah kekuatan utama mereka. Mereka sangat menghindari situasi yang rumit diatas meja. Dengan kata lain mereka berusaha untuk membuat permainan mereka sesederhana mungkin. Kalau sudah benar-benar terpaksa, barulah mereka akan mengambil resiko untuk melakukan sodokan yang terhitung luar biasa. Tapi itu jarang sekali terjadi. Seperti dikatakan tadi, SEDERHANA itulah rahasia terbesar mereka.

Jadi, buang jauh-jauh pikiran untuk pamer dan nyombong kalau ingin menguasai billiar. Kita harus sering-sering introspeksi untuk memperbaiki kesalahan yang kita buat sendiri. Jangan dulu berpaling dari meja kalau bola belum berhenti dan belum tahu secara pasti dimana letak kesalahan kita. Juga jangan cepat berpuas diri dengan apa yang sudah diraih. Para profesional sejati akan menganggap bahwa pelajaran mereka akan berlangsung seumur hidup.

Jimmy Wetch, pemain profesional Amerika Serikat, berlatih tiap hari minimal 4 jam.

Pelajaran billiar tidak akan pernah mengenal istilah wisuda. Diluar sana akan selalu ada pemain yang akan mengalahkan kita. Rata-rata kemenangan pemain profesional kelas dunia tidak melebihi angka 60%. Teruslah berlatih! Kecuali kalau cuman ingin bersenang-senang saja.

Posisi bola tidak akan pernah sama. Tidak ada rumusan baku dalam billiar. Karakter dan kemampuan kitalah yang akan membuat segalanya terasa mudah.

WHILE PLAYING BILLIARD,

0 coment:

 
;