05 Mei, 2009

Google Friend Connect: Tingkatkan Trafik Akses Menuju Website dan Blog Anda

Apalah artinya website atau blog tanpa trafik, ibarat masakan tanpa garam maka tidak akan enak untuk dimakan. Website atau blog yang tampilannya menarik dan enak dilihat belum tentu bisa menarik perhatian. Berbagai elemen untuk meningkatkan trafik akses cukup banyak untuk bisa dilakukan karena trafik akses adalah parameter terpenting untuk meningkatkan bisnis Anda apabila Anda berbisnis online ataupun tujuan lainnya.

Disini saya mencoba untuk memberikan salah satu solusi lain untuk mendapatkan trafik akses dari pengujung website ataupun blog Anda. Sebuah produk Google namanya Friend Connect, sesuai dengan namanya maka Friend Connect memfasilitasi berbagai pengunjung yang dapat saling bertemu, mengenal dan mengetahui pengunjung lainnya.

Secara sederhana Google Friend Connect dapat di gambarkan sebagai sebuah komunitas sosial berbasis jaringan online internet yang saling terhubung antara sebuah website atau blog satu dan lainnya.

Google yang sarat dengan inovasi dan teknologi terdepan mempunyai visi bagaimana caranya agar Anda bisa dengan mudah mengetahui siapa saja pengunjung website dan blog Anda. Yang paling mengesankan adalah adanya standar OpenID yang sudah banyak di terapkan pada berbagai aplikasi internet populer termasuk Friend Connect.

Dengan adanya OpenID maka sarat utama Anda memiliki sebuah e-mail yang valid sudah cukup untuk memanfaatkan sebuah aplikasi berbasis internet. Siapkan e-mail Anda baik di Google Account, Yahoo, AIM dan OpenID untuk dapat bergabung ke sebuah website atau blog yang sudah menerapkan Friend Connect.

Silakan simak terlebih dahulu video berikut ini untuk mendapatkan gambaran singkat mengenai Google Friend Connect:

Cara Kerja Friend Connect

Cara kerja Google friend Connect

Jika Anda telah menyaksikan video di atas tentunya Anda akan sedikit paham apa dan bagaimana cara kerja dari Friend Connect, berikut rangkuman yang dapat saya berikan:

  • Anda sebagai pemilik account Google dapat memiliki sebuah komunitas, e-mail gmail.com adalah sarat utama Anda untuk membuat sebuah komunitas untuk diterapkan pada blog ataupun website
  • Bagi Anda yang ingin bergabung ke dalam sebuah komunitas yang Anda sukai cukup dengan memiliki OpenID seperti Google, Yahoo, AIM dan lain sebagainya

Keuntungan memiliki komunitas

Keuntungan Google Friend Connect

Yang paling dan utama dari memiliki komunitas tentunya adalah trafik terhadap website dan blog Anda, namun ada beberapa manfaat lain yang dapat saya berikan sebagai berikut:

  • Loyalitas pengunjung akan terjaga
  • Bertambah kuatnya brand website dan blog Anda di mata pengunjung
  • Sebagai anggota, Anda dapat menuliskan berbagai link pada account Anda yang dijamin akan mendapatkan respon dari anggota dan pengunjung lain yang melihat

Bangun Sendiri Komunitas Anda

Bangun Komunitas

Dengan adanya Google Friend Connect Anda dapat dengan mudah membuat sebuah komunitas, tahapan yang perlu Anda lakukan adalah sangat sederhana (tentunya bagi Anda yang sudah terbiasa mendesain web atau blog) dan tentunya seorang webmaster.

  • Pastikan Anda telah memiliki Account dari Google
  • Daftarkan sebuah blog ataupun website Anda
  • Buatlah sebuah gadget atau widget untuk dipasang pada web Anda
  • Aturlah tampilan seperti warna dan ukurannya
  • Pindahkan kode yang Anda peroleh dari Google untuk disalin pada web Anda
  • Undanglah rekan Anda sebanyak-banyaknya untuk bergabung, setiap rekan yang bergabung nantinya juga dapat mengajak rekan lainnya
Sumber : Sejutablog

0 coment:

 
;