27 Januari, 2009

Sehatkah Mental Anda..??

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pikiran yang sehat dapat mempengaruhi pengobatan dan penyembuhan seseorang terhadap suatu penyakit. Oleh karena itu, kita memerlukan pikiran yang sehat untuk mendapatkan hidup yang berkualitas. Seseorang yang sehat secara mental dapat menghadapi perubahan-perubahan dalam hidup yang positif, mencari stimulasi intelektual dan interaksi antar manusia, serta secara kreatif menggunakan waktunya untuk bekerja serta melakukan aktivitas sukarela. Mempertahankan pikiran yang sehat memerlukan perilaku yang positif.
Bagaimana dengan Anda?
Apakah Anda melakukan perawatan tubuh dan pikiran yang baik? Karena merawat pikiran sama pentingnya dengan merawat tubuh.
Apakah selama ini Anda sudah menjalani gaya hidup sehat?

Gaya hidup sehat mampu membantu kita dalam menghadapi berbagai tekanan dan tantangan hidup.
Apakah Anda sudah makan dengan benar,
olah raga teratur, cukup beristirahat, dan berkonsultasi secara teratur?

Apakah anda tetap mengaktifkan pikiran anda dengan mempelajari hal-hal yang baru, membaca, dan berinteraksi dengan orang lain secara teratur?

Bila anda tidak mengaktifkan pikiran anda, bersiaplah untuk kehilangan pikiran yang sehat.
Apakah anda menghabiskan waktu sendiri untuk merefleksi diri, bermeditasi atau sekedar mendapatkan ketenangan? Merefleksi diri, bermeditasi, bersantai untuk mendapatkan
ketenangan dapat memberi kekuatan bagi Anda dalam menghadapi masalah sulit.

Apakah anda tahu saat anda memerlukan bantuan?

Salah satu tanda seseorang yang bermental sehat adalah kesediaannya mencari pertolongan bila hidup terasa sulit atau amat membebani.

Apakah anda tahu cara mengatasi stres dalam kehidupan?
Mengatasi stres dengan dilakukan dengan teknik relaksasi atau berinteraksi dengan teman-teman atau anggota-anggota keluarga yang dapat mendukung. Dukungan sosial, kasih, serta perhatian menjadi amat penting. Cinta kasih adalah kekuatan yang dapat menumbuhkan semangat.

Apakah anda turut berpartisipasi secara teratur dalam aktifitas yang bersifat menyenangkan, santai serta kreatif?
Turut berpartisipasi dalam aktivitas yang kreatif dapat meningkatkan semangat kita dalam menikmati hidup.

Apakah anda mengenali serta merayakan keberhasilan anda?

0 coment:

 
;