23 April, 2009

Bisnis Online

Rahasia BESAR Meraup Uang Ada di Forum Online?

Ikutlah forum yang berhubungan dengan produk Anda. Online forum itu bukan cuma untuk riset dan cari teman saja. Ada rahasia lain yang perlu diungkap. Anda mau tahu?
Rahasia ini pastinya bisa mendongkrak penjualan Anda. Ya, saya tahu, Anda bergabung di forum memang tujuannya meningkatkan penjualan dan melancarkan promosi. Tapi, yang paling penting Anda harus punya strategi. Tanpa trik dan taktik Anda hanya akan ikut mengalir saja di forum Anda. Padahal banyak yang bisa Anda lakukan di forum ini.
Internet marketing memiliki banyak model pemasaran. Jika Anda tidak memiliki strategi jitu menembus pasar yang luasnya sejagad raya ini, Anda bisa bingung sendiri. Mungkin saja Anda terjebak dari model satu ke model yang lainnya. Sebelum Anda berhasil dengan satu model bisa jadi Anda tergiur dengan model lain.
Well, kita langsung saja, tidak perlu menguasai semua strategi marketing yang ada. Sekarang kita fokus saja pada usaha untuk menaklukkan forum online. Nah, apa yang perlu Anda kuasai?
Iklankan dengan kata “rahasia”! Pada dasarnya iklan di dunia online dan offline itu sama. Keduanya sama-sama bertujuan mengenalkan produk dan menarik perhatian orang banyak. Dan, coba Anda cari satu kata yang paling mampu membuat orang penasaran. Cari satu kata yang bisa mengungkap rahasia popularitas. Satu kata terbaik yang kehebatannya bisa membuat orang berlari ke website dan produk Anda. Jawabnya, “RAHASIA.”
Saya tidak bermaksud guyon, memang kata ”rahasia” ini punya daya magis yang berkekuatan magnet luar biasa. Di berbagai forum, saya amati banyak sekali pebisnis yang menawarkan produk mereka dengan mencantumkan kata ”rahasia” di copy writing mereka. Coba Anda memasang iklan dan imbuhkan kata ”rahasia” dalam sales copy Anda. Saya yakin, semua orang tertarik dengan ”rahasia.” Bukan cuma ibu-ibu saja yang suka rahasia umum alias gosip. Mengetahui sebuah rahasia itu layaknya memenangkan sebuah permainan. Kita seperti sudah memegang kendali atas sesuatu. Benar kan? Misalnya saja gosip tentang tetangga kita. Kalau satu rahasianya sudah kita ketahui, entah itu perihal baik ataupun buruk, pasti kita seolah sudah memegang kendali atas hidupnya.
Maka, tak jarang kita lihat para pebisnis internet menggunakan kata “rahasia” di ebook mereka. Missal, “ten secret…, 5 rahasia memikat wanita, resep rahasia warisan nenek moyang, dll.” Pokoknya rata-rata pasti berembel-embel “rahasia.” Walaupun sebenarnya kata-kata yang lain juga punya kekuatan. Bukan cuma “rahasia” saja yang bisa menangkap mata pengunjung. Tapi, yang sudah terbukti paling dahsyat ya memang kata “secret” ini. Maka, sebaiknya mulai saat ini kita berhati-hati memilih kata untuk sales copy. Kalaupun tidak menggunakan kata “rahasia” kita harus lakukan uji coba. Seberapa besar copy writing yang Anda gunakan mempengaruhi pemikiran dan minat pengunjung.
Forum bisa jadi ajang promosi yang sangat efektif. Maka, tak heran banyak juga pebisnis yang sama-sama punya produk bersaing di sini. Nah, kita harus hati-hati. Di antara sekian banyak persaingan, kita harus cerdas. Apa kata yang bisa menangkap perhatian pengunjung?
Kalau yang lain sudah memakai kata rahasia, ya lebih baik cari kata lain yang kira-kira lebih tokcer! Semua orang suka yang beda dan baru. Nah, ini tantangan Anda. pikirkan masak-masak apa yang akan Anda tulis di sales copy Anda. Dan tetap diingat, target Anda adalah “memaksa” anggota forum untuk membaca postingan Anda. perhatikan subject line Anda agar Anda bisa memikat semua anggota forum. Isi postingan yang menarik bisa mengalihkan perhatian mereka. Dan, bukan tidak mungkin mereka akan mengunjungi website Anda.
Setelah saya pelajari, di bawah ini beberapa kata yang sangat ampuh memikat perhatian pengunjung. Jadi bukan cuma kata rahasia saja yang nanti Anda pakai. Kata-kata ini bisa Anda gunakannya untuk iklan produk Anda.
”Persediaan terbatas sampai…”
”Penawaran spesial khusus anggota forum…”
”Pakar Internet Marketing mengungkapkan…”
”Paling Baru…”
“Baru dan Inovatif….”
“Raih Keuntungan Sekarang Juga dengan…” dll
Tapi Anda juga harus kreatif. Jangan terus mengandalkan kata-kata di atas. Anda harus bisa menghubungkan setiap kata ajaib tadi dengan produk Anda. Kalau perlu buat modifikasi sendiri yang lebih menggugah rasa penasaran pengunjung forum.
Dan, pastikan sales copy Anda itu unik, berbeda dari iklan yang lainnya. Dan terus perbaiki subject line Anda untuk setiap posting. Lalu, baca dan pikirkan baik-baik semua sales copy yang Anda buat. ”Apakah kata-kata ini sudah mampu menimbulkan rasa penasaran anggota forum? Apakah kata-kata ini bisa memotivasi anggota forum Anda untuk mendatangi website Anda?” Kalau menurut Anda sendiri belum, ya segera perbaiki.
Oya, saya punya rahasia yang belum pernah saya ungkap. Anda mau tahu? Anda boleh mengikuti jejak saya. Begini, setiap kali bergabung dengan forum online saya selalu perhatikan iklan mana yang paling menarik perhatian saya.
Saya selidiki berapa kali iklan pencuri perhatian ini diklik pengunjung lain. Kalau saya tertarik dengan iklan tersebut, saya harus pastikan apakah pengunjung forum lainnya juga tertarik dengan iklan yang sama? Kalau iya, berarti iklan itu berpotensi meraih hit yang tinggi. Ini penting untuk proses kreatif saya saat membuat iklan. Iklan yang menarik harus kita pelajari sampai detil. Bagaimana cara copy writingnya membujuk-rayu, bagaimana membuat kalimat yang bombastis, Anda juga harus menguasai. Kemudian, barulah saya coba menerapkan hal yang sama ke dalam iklan saya.
Well, belajar itu bukan cuma dari kegagalan, belajar dari kesuksesan itu juga penting. Nah, apakah Anda sudah sukses? Kalau belum, di forum online banyak pebisnis yang sudah sukses. Tunggu apalagi? Mari berguru pada mereka yang sukses!

0 coment:

 
;