04 Oktober, 2012

Apakah hanya Rokok...???

Konon Indonesia adalah surganya bagi para perokok. Orang yang merokok di Indonesia “diberi” kebebasan untuk merokok dimanapun dan kapanpun. Meskipun di beberapa kota sudah diberlakukan peraturan tentang waktu dan tempat merokok, tapi tetap saja tidak ada tindakan tegas untuk perokok yang melanggar ketentuan tersebut.

Merokok dapat menyebabkan...

Merokok dapat menyebabkan…
Seperti kita ketahui, pada setiap label bungkus rokok  selalu ada tulisan peringatan kesehatan.

MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN

Memang benar, rokok dapat menyebabkan macam-macam penyakit seperti yang tertera di label tersebut. Tapi ternyata bukan hanya rokok saja yang dapat menyebabkan semua itu. Makanan yang sering kita temui dan makan sehari-hari juga dapat menjadi penyebabnya. Meskipun tanpa ada keterangan peringatan, tapi ada baiknya Anda juga mengerti akan risiko makanan-makanan penyebab berbagai penyakit seperti yang disebabkan oleh rokok.
Makanan penyebab kanker
Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah :
  • Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung
  • Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.
  • Zat pewarna makanan
  • Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang, ikan, dsb.
  • Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan.
Makanan penyebab serangan jantung
1. Telur
Makan telur dalam porsi cukup atau moderat memang tidak akan berbahaya. Tetapi makan terlalu banyak telur atau produk dari kuning telur dapat meningkatkan kolesterol, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

2. Makanan olahan
Makan makanan yang diproses, seperti keripik kentang, hot dog, atau produk keju dapat menyebabkan risiko penyakit jantung terutama jika Anda memakannya dalam jumlah banyak.
3. Garam
Makanan asin termasuk sup kaleng, pasta, dan sayuran serta makanan ringan kemasan biasanya mengandung garam tambahan sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Lemak jenuh
Makanan mengandung lemak jenuh termasuk daging merah, produk susu, dan kelapa serta minyak sawit. Berlebihan dalam mengonsumsinya dapat menyebabkan risiko penyakit jantung dengan membuat arteri mengeras dan sempit.

5. Gula
Meskipun Anda rasa taka pa untuk mengemil makanan manis, tapi dalam jumlah berlebihan makanan manis dapat menyebabkan diabetes yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

6. Lemak trans
Lemak trans adalah jenis lemak yang mungkin Anda makan pada makanan panggang atau makanan cepat saji.
Makanan penyebab Impotensi
1. Makanan yang mengandung banyak garam
Makanan yang banyak mengandung garam dapat meningkatkan tekanan darah yang kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, garam juga mengurangi aliran darah ke organ yang pada gilirannya dapat menyebabkan disfungsi ereksi.Makanan ringan, junk food, saus dan makanan tinggi garam lainnya perlu dihindari bila Anda tak ingin terserang impotensi.
2. Makanan berminyak
Hindari makanan berminyak dan lemak jenuh karena dapat meningkatkan risiko kolesterol jahat. Kolesterol mempengaruhi aliran darah di organ utama dari tubuh yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi.Makanan yang dapat meningkatkan kolesterol misalnya gorengan, daging berlemak, kuning telur, mentega, daging olahan, minyak terhidrogenasi seperti minyak sawit dan minyak kelapa yang dipanasi berulang-ulang.
3. Makanan mengandung lemak trans
Lemak trans dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan secara bertahap dapat menyebabkan penyakit jantung dan disfungsi ereksi. Keripik, kentang goreng, margarin dan kue kering dan setiap makanan yang digoreng atau kemasan memiliki kandungan lemak trans lebih tinggi.
4. Makanan mengandung banyak gula
Makanan berkadar gula tinggi harus dihindari jika seseorang ingin mencegah impotensi. Kadar gula yang tinggi dapat memicu diabetes, yang pada gilirannya dapat melemahkan pembuluh darah yang menuju ke organ kelamin dan menyebabkan disfungsi ereksi.
5. Alkohol
Untuk menyembuhkan disfungsi ereksi, hindarilah alkohol. Menurut peneliti, segelas anggur merah masih bermanfaat untuk tubuh, tetapi minuman beralkohol lainnya dapat menyebabkan disfungsi ereksi.
Makanan penyebab gangguan kehamilan dan janin
  • Jangan makan daging mentah(sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga  Ecoli yang berbahaya bagi ibu hamil.
  • Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang di makan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing karena mengandung toksoplasmosis.
  • Jangan makan daging ayam dan telur yang di masak kurang matang atau mentah, hindari makanan hati ayam atau daging yang mungkin sumber salmonella yang dapat menyebabkan diare  yang berat pada ibu hamil. Juga harus di perhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.
  • Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam  jumlah yang besar.
  • Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined, cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko      membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.
  • Jangan minum-minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin dan juga problem emosional pada bayi.
  • Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh, sebaiknya dihindari atau di batasi karena kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga bisa mengurangi  penyerapan zat besi.
Sumber : http://concerious.blogdetik.com/2012/10/04/apakah-hanya-rokok/

0 coment:

 
;