04 Oktober, 2012

Siapa Sosok Penting di Balik Kesuksesan Bieber dan PSY ‘Gangnam’?

Scooter Braun dan PSY 'Gangnam Style'Anda mungkin lebih mengenal nama Justin Bieber dibanding Scooter Braun. Pria berusia 31 tahun ini sangat penting dibalik sukses pelantun Baby tersebut. Ibaratnya Justin Bieber tidak akan pernah ada tanpa campur tangannya.

Dia pulalah pria yang kini mengorbitkan PSY ‘Gangnam Style’ menjadi musisi Korea pertama yang merajai AS. Hingga kemudia populer dimana-mana. Tetapi siapakah sebenarnya Scooter Braun?
Bisa dibilang tidak ada satupun keluarga Braun bekerja di industri hiburan. Semasa kecil Braun yang lahir di New York dari keluarga keturunan Hungaria, besar di Greenwich, Connecticut. Disana ia menjalani pendidikan dari SD hingga SMA.
Ayah (Ervin Braun) dan ibunya (Susan  Schlussel) adalah dokter gigi. Jadi bisa dibilang dia adalah satu-satunya anggota keluarga yang mempunyai niat berbeda. Dari kecil Braun memang mempunyai bakat di dunia hiburan. Saat SMP ia pernah ikut serta dalam lomba pembautan film pendek dokumenter tentang konflik Hungaria yang berhubungan dengan Holocaust. Braun mendapat juara ketiga.
Awalnya Braun juga tertarik menjadi atlet basket terkenal seperti idolanya Michael Jordan dan Magic Johnson. Semasa SMA dia pernah bergabung dalam klub basket dan memangkan beberapa kejuaraan tingkat lokal. Dia juga atlet yang berbakat.
Sayangnya karir sebagai atlet pupus setelah masuk Universitas Emory di Atlanta. Di semester kedua dia terlibat perselisihan dengan pelatih. Braun keluar, dan saat menjalani masa frustrasi karena berhenti dari basket itulah dia menoleh ke dunia hiburan.
Di tahun 2000 Braun memulai karier sebagai promotor acara di Universitas Emory. Dari sinilah insting bisnisnya terasah. Sebab diawal karirnya sebagai promotor, Braun berhasil membuat acara musik besar dengan mengundang artis terkenal seperti Ludacris dan Britney Spears. Sukses ini kemudian mengilhami Braun secara resmi mendirikan perusahaan sendiri. Ia juga menjelma menjadi promotor musik termuda dan paling terkenal di Atlanta.
Pada tahun 2002, kejeniusannya merancang acara membuatnya direkrut oleh manajemen Eminem dan Ludacris untuk merencanakan konser lima kota untuk rapper yang sedang di puncak popularitas itu. Karier sebagai manajer artis pun mulai menanjak saat tidak sengaja menemukan video nyanyian seorang ABG tidak terkenal dari antah berantah. Firasat Braun memang jitu. Dia benar-benar berhasil menjadikan nama Justin Bieber merek dagang yang sangat menguntungkan di seluruh dunia.

Manajer Artis

Setelah menemukan Bieber itulah, Braun semakin bersemangat untuk terjun di industri hiburan dengan menjadi manajer artis. Dan dalam waktu tiga tahun saja tepatnya pada tahun 2009, Scooter Braun berhasil membuat Justin Bieber menjadi idola baru. Dia menciptakan rumus untuk mempopulerkan artis lewat kekuatan besar sosial media. Menurut Braun, komunikasi langsung dengan fans sangat efektif untuk mendongkrak popularitas artis.
Kini, Braun kembali menunjukkan kehebatannya dengan merekrut PSY ‘Gangnam Style’ untuk bergabung dalam Island Records, manajemen artis terkenal seperti Justin Bieber dan Jennifer Lopez. PSY juga ditemukannya melalui YouTube.
Braun mendongkrak popularitas PSY dengan menghadirkannya di MTV VMA. Sekaligus membuat namanya jadi pembicaraan di AS. Strategi marketing yang tepat dari Scooter Braun lah yang berhasil menyulap Justin Bieber menjadi idola. Tanpa Braun, mungkin Bieber masih berkutat di audisi-audisi pencari bakat.
Keberadaan Braun juga terbukti nyata, sehebat apapun seorang artis tidak bisa sukses tanpa strategi marketing yang tepat.

Foto :  Scooter Braun dan PSY 'Gangnam Style'
•bbs/mala
sumber:
Tabloid Nyata IV September 2012

0 coment:

 
;