01 November, 2012

8 Pertanyaan yang paling sering Ditanyakan tentang Siklus Loop / Menstruasi Anjing

1. Apa itu Loop (siklus heat / menstruasi pada anjing)?
Loop lebih tepatnya disebut siklus estrus adalah siklus dimana anjing betina dapat hamil dan sama seperti masa menstruasi pada manusia. Ada 4 tahap pada masa loop, yaitu : proestrus, estrus, diestrus (disebut juga metestrus) dan anestrus. Anjing betina normalnya akan hamil pada tahap estrus.
a user uploaded image

2. Apa saja gejalanya?
Anjing yang sedang loop akan mengeluarkan darah dari vagina kadang-kadang disertai dengan pembengkakan vulva dan buang air kecil meningkat. Jangan berharap bahwa pendarahannya sebanding dengan yang terjadi pada manusia. Untuk anjing kecil, biasanya tidak banyak dan anda mungkin perlu memperhatikan secara dekat untuk mengindentifikasi siklus pertama mereka. Selain pendarahan, gejala yang paling nyata mungkin anjing jantan bisa berkeliaran di sekitar rumah anda. Gejala lainnya :
- Perubahan mood
- Puting bengkak
- Menyelipkan ekor
- Selera makan berubah
a user uploaded image
a user uploaded image

3. Pada usia berapa anjing betina pertama kali mengalami loop?
Rata-rata anjing betina mengalami siklus pertamanya pada usia sekitar 6 bulan. Beberapa anjing ada yang mengalami lebih cepat dan ada juga yang lebih lama, paling lama sampai usia 14 bulan. Jika anda memiliki anjing betina, anda harus mengawasi dan memperhatikannya saat dia mengalami siklus pertama. Jika sampai usia 14 bulan dan masih belum mengalami siklus loop, anda harus membawanya ke dokter hewan.

4. Berapa lama masa siklus loop berlangsung?
Biasanya rata-rata 3 minggu atau 21 hari. Pada beberapa anjing ada yang hanya berlangsung 2 minggu, sementara ada juga yang sampai 4 minggu.

5. Seberapa sering anjing mengalami loop?
Kebanyakan berlangsung setiap 6 sampai 8 bulan jika siklusnya teratur atau 2 kali setahun.

6. Kapan anjing betina bisa hamil?
Anjing betina bisa hamil hanya saat sedang masa loop (pada tahap estrus). Biasanya masa paling subur terjadi pada hari ke 11 sampai 15 saat siklus terjadi.

Catatan: saat anjing betina sedang loop, biasanya mereka akan mengijinkan anjing jantan untuk mengawininya. Ada juga sejumlah kecil anjing betina akan menerima anjing jantan saat mereka tidak sedang masa loop.

7. Bisakah anjing betina hamil pada siklus pertama?
iya, anjing betina bisa hamil pada siklus pertama namun untuk masalah kesehatan, sebaiknya anda merencanakan mengawinkannya pada siklus kedua atau ketiga. Anda juga harus menjaganya agar pada siklus pertama tidak terjadi kehamilan yang tidak diinginkan.

8. Bolehkah saya membawanya jalan-jalan selama siklus ini berlangsung?
Bisa dengan hati-hati. Anjing betina tidak masalah dengan exercise namun dia seperti magnet berjalan bagi anjing jantan. Bahkan anjing betina yang sudah terlatih dan berprilaku baik tetap tidak bisa menahan hormonnya. Anda tidak boleh membiarkannya berjalan tanpa leash atau di luar kendali anda. Jangan pernah biarkan dia keluar sendirian bahkan di halaman yang berpagar jika ada kemungkinan anjing jantan di dekatnya.
a user uploaded image

Untuk jalan-jalan, jika ada anjing jantan di lingkungan anda, ide yang baik adalah membawa anjing betina anda keluar dengan berkendara dalam mobil dan pergi ke daerah yang terpencil. Ajak dia jalan-jalan disana dan pulang kembali dengan mobil. Jika tidak, aroma urin dan cairan vagina anjing anda akan memberi jejak bagi anjing jantan.


Sumber:
http://ezinearticles.com
life123.com
dogs.lovetoknow.com

0 coment:

 
;