02 November, 2012

Sejarah Anjing Rottweiler

Serigala adalah cikal bakal dari semua trah anjing yang ada saat ini, terkadang terpikir tidak masuk akal, bahwasanya anjing trah kecil Chihuahua dan anjing trah yang besar seperti Mastiff mempunyai nenek moyang yang sama. Pikirkanlah kejadian apa saja yang telah terjadi belakangan ini, kurang lebih 100 tahun yang lalu, bagaimana perubahan ini hingga anjing ternakan ini bisa terjadi. Kita masih kekurangan informasi bagaimana terbentuknya anjing-anjing trah kecil dan besar ini terbentuk, jika dikatakan semuanya berasal dari Serigala.

Kita sekarang dapat berpikir, bahwa manusia dan anjing sudah sejak kurang lebih 15000 tahun hidup bersama. Mengenai asal usul Rottweiler banyak sekali pendapat yang berbeda, dengan melibatkan kenyataan, bahwa kegunaan dari Rottweiler dalam insting hewaninya dan kemungkinan kebiasaan bekerjanya inilah pada masa lalu masih melekat hingga sekarang, nenek moyang Rottweiler kita sekarang, dapat ditemukan di masa jaman Romawi.

Orang-orang Romawi mengunakan anjing untuk mengembala ternak dan pekerjaan lainnya. Anjing-anjing ini membantu melindungi manusia dan hewan ternak mereka.

Hingga hari ini kita dapat melihat perjalanan kerajaan Romawi kuno, dimana perjalanan ini melalui pegunungan Alpen menuju ke daerah Bodensee (Danau yang terletak di bagian selatan Jerman), dapat ditarik kesimpulan bahwa dimana jalan-jalan yang dilalui oleh pasukan Romawi ini sangat berat dan dipaksakan, hingga mereka dapat menginjakan kaki di suatu daerah yang sekarang disebut kota Rottweil, kota dan juga nama asal usul anjing kita tersebut.

Dalam perjalanan di abad ke 19, anjing-anjing Romawi ini disilangkan dengan beberapa jenis anjing pengembala daerah tersebut, dalam perjalanan puluhan tahun perkawinan silang ini lahirlah anjing ternakan yang pintar, kuat dan mempunyai sifat pekerjayang mendasar. Dengan demikian mereka menjadi pembantu yang sangat berharga bagi Peternak Sapi dan Pejagal. Sebagaimana telah diutarakan terdahulu anjing ini yang paling sering dan pada saat kerajaan Rottweil disebar luaskan hingga pertengahan abad dengan nama Rottweiler.

Kota Rottweil pada abad ke 19 adalah pusat perdagangan sapi, dimana sapi dan domba semuanya digembala dari daerah Breisgau, Elsass dan Neckertal.

Dalam perjalanan pengembalaan ini sangat memakan waktu, dimana perampok, Serigala masih berkeliaran dan medan jalan yang sukar dilalui, sehingga untuk mengembala ternak ini dibutuhkan anjing yang kuat, kekar, kalem dan pintar. Seorang pejagal sapi dari Rottweil dan sekitarnya mempunyai kebiasaan membawa beberapa Rottweiler dalam perjalanan. Karena ditangan merekalah keberhasilan para pedagang sapi atau domba sampai ketujuan.

Dengan berjalannya waktu ternak-ternak ini mulai diangkut dengan kereta api dan mobil transport, dengan demikian pekerjaan Rottweiler yang  penting terdahulu, selesai.

Pada awal abad ke 20, orang teringat akan sifat karakter Rottweiler yang sangat istimewa. Daya guna yang sangat tinggi akan ras ini, hingga kepolisianpun mulai mengetesnya dan pada tahun 1910 Rottweiler diakui sebagai Anjing Kepolisian. Dari dahulu hingga sekarang, orang sangat kagum melihat anjing ras ini, Kesetiaannya seperti kerajinan, kepatuhan dan tenangannya  letak dari kegunaan anjing ras ini yang telah terbukti.Juga sebagai anjing keluarga Rottweiler di tangan pembiak yang baik dan benar, selain membesarkan juga mensosialisasi di dalam keluarga adalah sebagai sahabat yang dapat dipercaya, seperti pada manusia juga sama pada anjing, pendidikan dan sosialisasi sewaktu kecil, terutama sewaktu anakan.

Setiap Rottweiler sewaktu berusia anakan siap untuk belajar, menempatkan diri, sehingga kita dapat menyentuh atau memegang ekornya sekalipun. Mereka juga akan terbentuk dengan  alam sekitarnya. Dengan pendidikan yang benar akan menghasilkan persahabatan. Suatu kesalahan, perbuatan tanpa kasih sayang akan berakibat hubungan antara manusia dan anjing rusak atau hancur. Manusia di garis pertama adalah penanggung jawab, apa jadinya seekor Rottweiler dikemudian hari.

Ini menyangkut Pembiakan, Pendidikan, Kesehatan dan Hidup bersama! Untuk Rottweiler Club Jerman ADRK sebagai bentuk tunggal perkumpulan peternakanjing trah Rottweiler yang diakui dalam Peranjingan Jerman, dengan jelas sudah mencapai usia 100 tahun dalam pengawasan pembiakan, kompeten dan kewajiban bersama dengan anjing ras jerman dan Rottweiler yang berkultur baik, untuk dipertahankan dan melaksanakan perbaikan. Dengan pengawasan yang ketat dalam pemilihan dalam pembiakan, dimana mereka telah berulang kali mengeluarkan peraturan-peraturan baru dan yang disesuaikan dengan pengaruh alam sekitarnya, dobrakan ini yang dilakukan oleh ADRK agar kwalitas Rottweiler kita dapat ditingkatkan. Tujuan tertinggi pembiakan kami adalah kesehatan anjing kita. Ditekankan, kesehatan adalah kekuatan terhadap tekanan lahir  dan bathin anjing kita.

0 coment:

 
;